- Toyota sudah resmi meluncurkan Raize untuk pasar otomotif Jepang, pada awal November 2019. Model ini merupakan mobil kompak pertama yang diproduksi oleh Daihatsu Motor Co.Ltd, menggunakan platform DNGA.
Semua aspek, termasuk mesin dan performanya merupakan hasil pengembangan baru dan belum ada pada model Toyota lain. Bukan hanya itu, sport utility vehicle ( SUV) kompak ini pun digadang-gadang akan dijual di pasar otomotif Indonesia.
Ketika hal itu ditanyakan, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, sejauh ini belum ada pernyataan yang mengerucut ke arah itu. Sebab, proses perjalanannya masih cukup panjang, dan Toyota harus terus berkomunikasi dengan Daihatsu.
"Sebab, tidak semuanya produk yang dijual Daihatsu atau kolaborasi, kita juga bisa jual. Tetapi, sejauh ini kita terus akan melakukan diskusi dengan Daihatsu di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Soerjo di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).
Soerjo melanjutkan, perlu diingat juga pasar atau karakteristik konsumen di Indonesia sendiri cenderung lebih memilih multi purpose vehicle (MPV) ketimbang SUV. Hal itu terbukti dengan jajaran produk Toyota di Tanah Air ini didominasi oleh MPV, mulai yang kelas bawah hingga premium.
Raize sendiri, kata Soerjo merupakan SUV kompak yang memiliki konfigurasi lima orang penumpang. Tetapi, secara segmen itu Toyota terutama di Indonesia belum punya.
"Tetapi sekali lagi, belum bisa kami informasikan sekarang, karena butuh waktu banyak dan prosesnya masih cukup panjang. Kita juga punya tim product planning yang akan menentukan model mana yang cocok dengan kondisi dan selera konsumen di Indonesia," ucap Soerjo.
Toyota rupanya hanya merilis Raize dalam satu pilihan mesin berkode 1KR-VET yang memiliki kubikasi 1.000 cc tiga silinder lengkap dengan turbo.
Toyota mengklaim tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut setara mesin konvensional berkapasitas 1.500 cc. Menariknya, Raize dan Rocky pun kini sudah menggunakan transmisi CVT, tak lagi matik konvensional.